Muhasabah Sebagai Metode Dalam Memotivasi Penghafal Al-Qur’an (Studi Deskriptif Kualitatif di Pondok Tahfidz Saba Gianyar Bali)

Main Article Content

Aini Nabila

Abstract

Memorizing the Qur’an is an activity that requires high motivation. Motivation can go up and down according to the situation and conditions. One strategy that can be used to generate motivation is the Muhasabah method. This study aims to examine the extent to which the Muhasabah method can arouse the motivation of the memorizers of the Qur’an. The method chosen to carry out this research is descriptive qualitative using observation and interview techniques as a technique in collecting data. This research conducted at the Saba Qur’an memorization boarding school in Gianyar Bali. The researcher found that in the process of memorizing the Qur’an, the memorizers experienced various obstacles which resulted in a decrease in motivation to memorize. Therefore, the Muhasabah method is used as an effort to increase motivation. The conclusion of this study is the Muhasabah method can be an option to increase the motivation of memorizing the Qur’an because with Muhasabah, self-awarness will emerge to become even better.

Article Details

How to Cite
Nabila, A. (2022). Muhasabah Sebagai Metode Dalam Memotivasi Penghafal Al-Qur’an : (Studi Deskriptif Kualitatif di Pondok Tahfidz Saba Gianyar Bali). ZAD Al-Mufassirin, 4(1), 1–19. https://doi.org/10.55759/zam.v4i1.49
Section
Article

References

Afiyatin, A. L. (2018). Muhasabah Sebagai Metode Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar (Study Deskriptif Mahasiswa Jurusan Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2015 Di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung).

Aisyah, H., & Rohim, M. (2021). Muḥāsabah sebagai Metode dalam Meningkatkan Kemampuan SelfRegulated Learning. Edukasi, 6.

Akbar, A., & Ismail, H. (2016). Metode Tahfidz Al Qur'an di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin, 93.

Al-Qur'an dan Terjemahannya. (2015). Bandung: Diponegoro.

Andriyani. (2017). Muhasabah dan Tafakur Alam Terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan.

Ansori, M., & Huda, M. (2020). KORELASI ANTARA EMOSIONAL INTELEGENT DAN SPIRITUAL INTELEGENT DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SEBAGAI KOMUNIKASI TRANSENDENTAL (Studi pada Santri Tahfidz Al-Qur’an PP. Al-Qodiri Jember). Jurnal Pendidikan Agama Islam , 26.

Ardimen, Neviyarni, Firman, Gustina, & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Jurnal Pendidikan Islam Ta'dibuna, 282.

Arini, D. (2021, Oktober 3). Definisi Muhasabah. (A. Nabila, Interviewer)

Aulia, R. A. (2021, Oktober 3). Definisi Muhasabah. (A. Nabila, Interviewer)

Bungin, M. B. (2013). Metode Peneniltian Sosial dan Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Darmalaksana, W. (2020). Template Penulisan Artikel. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin.

Diniah, I. (2021, April 1). Kendala Menghafal Santri Pondok Tahfidz Saba Gianyar. (A. Nabila, Interviewer)

Fajarini, A., Sutoyo, A., & Sugiharto, P. D. (2017). Model Menghafal pada Penghafal Al-Qur’an Implikasinya pada Layanan Penguasaan Konten dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling, 17.

Falah, A. (2021). Faktor-Faktor Internal Yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Menghafal al-Qur’ân Siswa Madrasah Tsanawiyah. Tarbawiyah: Jurnal ilmiah Pendidikan, 30.

Gulo. (2015). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Grafindo.

Hakim, L. M. (2020). MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MAHASISWA IAIN JEMBER DI RUMAH TAHFIDZ DARUL ISTIQOMAH. Jurnal Ilmiah Pesantren, 819.

Hasanah, A. S. (2018). KONSEP MUHASABAH DALAM AL-QUR’AN Telaah Pemikiran al-Ghazali. Jurnal Al-Dirayah, 60.

Ibrahim. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Indra, H. (2003). Pesantren dan Transformasi Sosial. Jakarta: Penamadani.

Ismail, Z. (2017). Muhasabah dan Perilaku Seks Bebas. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 248.

Mardhiyah, N. A., & Imran, I. A. (2019). Motivasi Menghafal Al-Qur’an pada Anak melalui Komunikasi Interpersonal. Nyimak: Journal of Communication, 99.

Masita, R., Khirana, D. R., & Gulo, P. S. (2020). Santri Penghafal Alquran: Motivasi dan Metode Menghafal Alquran Santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Sungai Pinang Riau. Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah, 76.

Mulyani, E. (2021, Oktober 3). Definisi Muhasabah. (A. Nabila, Interviewer)

Raco, J. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif . Jakarta: PT Grasindo.

Rahman, F. M., Mughni, A., & Zaini, A. (2021). KONSELING ISLAM MELALUI TEKNIK TA'LIMAH DAN MUHASABAH DALAM MENGUBAH PERILAKU PSK DI SITUBONDO. M@ddah, 129.

Saefulloh, A. (2018). MUHASABAH SEBAGAI UPAYA REHABILITASI EKS-PECANDU NARKOBA. Nidhomul Haq, 53.

Sakban, A. S., Maya, R., & Priyatna, M. (2019). PERAN MUDARRIS TAHFIZH ALQURAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI MENGHAFAL ALQURAN DI PESANTREN TAHFIZH HUSNUL KHOTIMAH CIPANAS TAHUN 201. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam (p. 105). Bogor: STAI Al Hidayah Bogor.

Sari, F. M. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Menghafal Al-Quran Pada Santri Pondok Pesantren Al Fatah.

Siagian, Y. S. (2018). MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARI’AH DALAM KEGIATAN HAFALAN AL-QUR’AN DI STAI AULIAURRASIDIN TEMBILAHAN. Jurnal Al-Muqayyad STAI AU Tembilahan, 74.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaripuddin, S., & Baso, S. A. (2020). Makna Menghafal Al-Qur’an Bagi Masyarakat Kampung Lempangeng Desa Boddie Kec. Mandalle Kab. Pangkep . Al-Tafaqquh, 50.

Yusuf, W. F. (2015). Hubungan Dukungan Sosial Dan Self Acceptance Dengan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Huda Singosari Malang . Jurnal Psikologi.